Saturday, February 8, 2014

THE RAID 2: BERANDAL Premiere di Sundance Festival 2013



http://ia.media-imdb.com/images/M/MV5BMTg4Mjk1MjQ0N15BMl5BanBnXkFtZTgwMzY3NzY1MDE@._V1_SY317_CR1,0,214,317_.jpg
Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Indonesia. Kali ini dibawa oleh sekuel kedua film The Raid, yang bertajuk The Raid 2:Berandal. Film action arahan Gareth Evans ini sepertinya akan benar-benar lebih ‘go international’ lagi disejajarkan bersama film Hollywood lainnya. The Raid 2 yang dibintangi oleh Iko Uwais, Donny Alamsyah, Tio Pakusadewo dan Julie Estelle ini akan diputar premierenya pada perhelatan Festival Film Sundance (Sundance Film Festival 2014) di Amerika Serikat. Setelah sukses meraih banyak penghargaan di sekuel pertamanya (The Raid di tahun 2012), Gareth Evans menghadirkan sekuel kedua yang lebih berkualitas dan menghadirkan pemain Film asal Jepang seperti Ryuhei Matsuda dan Kenichi Endo untuk menunjang laga bela diri berupa silat yang lebih variatif.
Sundance Film Festival (SFF) merupakan salah satu festival film bergengsi di dunia seperti Festival Film Cannes dan Toronto Film Festival. SFF  memiliki misi untuk menemukan, dukungan, dan mengilhami film dan teater independen seniman dari Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Tahun 2014 SFF diadakan di Utah, Amerika Serikat.  The RAID sendiri akan tampil kedua kalinya di festival ini, setelah sekuel pertamanya juga telah diputar tahun 2012. Mengintip websitenya di https://www.sundance.org/press-center/release/2014-festival-premiere-and-doc-premiere-films-announced/ terdapat list beberapa premier film berbagai negara yang juga akan ditayangkan bersama The Raid. Seperti film Elizabeth Banks, Ryan Reynolds, Selena Gomez, Keira Kneightly dan lainnya.
Berikut ini kutipan Sundance Film Festival untuk The Raid:
The Raid 2 / Indonesia (Director and screenwriter: Gareth Evans) — Picking up where the first film left off, The Raid 2 follows Rama as he goes undercover and infiltrates the ranks of a ruthless Jakarta crime syndicate in order to protect his family and expose the corruption in his own police force. Cast: Iko Uwais, Yayan Ruhian, Arifin Putra, Oka Antara, Tio Pakusadewo, Alex Abbad.”
Sekuel kedua ini merupakan lanjutan dari aksi Uko Uwais memberantas kejahatan. Disebutkan dalam Berandal ini, Iko melakukan penyamaran dalam membongkar sebuah sindikat kejahatan dan membuka kasus korupsi yang besar di tubuh kepolisian Jakarta. Film ini akan dipenuhi laga action dari semua pemain-pemainnya dari awal hingga akhir film.
Film The Raid memang film laga Indonesia yang membuka mata dunia akan kualitas perfilman di Indonesia. Sejak diputar pada tahun 2012, The Raid mendapatkan banyak pujian dari kritikus film local maupun Internasional. Tak tanggung-tanggung Film yang mempertontonkan aksi bela diri tradisional ini meraih penghargaan Best Film di Jameson Film International Film Festival 2012, bahkan mendapat penghargaan di Toronto International Film Festival sebagai Cadilac People Choice Award 2011. Di Toronto Festival ini jugalah pertama kalinya The Radi diperkenalkan kepada dunia.
Dari alur film untuk sekuel pertama memang Gareth Evans berhasil menyuguhkan film action murni yang dapat disejajarkan dengan film Hollywood saat ini. Cara berduel antar pemain  yang penuh dengan silat tradisional sampai adegan tembak-menembakpun menghiasi cerita flm yang hanya mengambil lokasi di satu gedung bertingkat.
The Raid mungkin menjadi salah satu perwakilan film Indonesia saat ini yang sedang menunjukkan kualitasnya. Film ini berhasil mengenalkan Indonesia ke mata dunia. Sundance Film Festival 2014 ini menjadi pintu pertama untuk sekuel kedua menunjukkan tajinya kepada dunia. Kita harapkan semoga ini juga membuka jalan menuju Cannes atau bahkan Academy Awards!
Maju terus perfilman Indonesia dengan kualitasnya bukan hanya kuantitas saja!
Selamat buat The Raid!

No comments: