Saturday, February 8, 2014

SINOPSIS/ MOVIE REVIEW THOR 2 THE DARK WORLD



 http://ia.media-imdb.com/images/M/MV5BMTQyNzAwOTUxOF5BMl5BanBnXkFtZTcwMTE0OTc5OQ@@._V1_SY317_CR4,0,214,317_.jpg
Baiklah, pertama sekali menonton film Thor seperti biasa saya sangat terkesan dengan kecanggihan Asgard dan pastinya kegagahan Thor yang sedang berjuang mendamaikan 9 dunia yang terpecah karena ulah Loki di Thor 1. Di sekuel yang berjudul The Dark World ini, Loki akhirnya dipenjara bersama tahanan Asgard lainnya. Jujur saja, sebelumnya saya mengira bahwa film ini akan membahas perang antara Loki dan Thor secara lebih serius. Ternyata film ini justru memunculkan musuh baru Asgard yang jauh lebih sakti, yakni peri kegelapan yang mempunyai misi membuat 9 dunia menjadi gelap dengan merebut suatu materi yang secara tidak sengaja masuk ke tubuh Jane Foster, kekasih Thor. Saya sendiri kurang nalar dengan materi ini. Jadi apa yang menarik?

Sekuel The Dark World menunjukkan beberapa hal yang sangat rumit dilogika kan, berikut melalui pandangan saya:
1.       Aether
Inilah materi yang saya sebut di atas, Aether merupakan suatu kekuatan yang tidak terbatas. Materi ini menjadi incaran musuh Thor yang hendak menjadikan 9 dunia dalam kegelapan. Di awal film, Aether melebur ke tubuh Jane kekasih Thor., secara tidak sengaja karena rasa penasaran ilmuwan cantik ini akan adanya kekuatan magnet yang bisa transfer antar dimensi (bingung kan?). hal ini membuat adanya kekuatan tak terhingga dalam diri Jane, hingga siapapun yang membuat dia tertekan akan tersentak dengan sekali sentuhan. ini terbukti saat polisi di sekitar kejadian ingin menginterogasi Jane yang berada di lokasi yang illegal.
2.       Loki
di sekuel pertamanya kita sudah cukup rumit membayangkan Loki yang lahir di bifrost, salah satu dari 9 dunia yang dalam ceritanya diasuh oleh Odin, raja Asgard. Loki di sekuel pertama sangat dingin dan arogan. Loki seorang pengkhianat Asgard. Namun di sekuel ini, Loki mendadak menjadi Humoris. Loki membantu Thor menghancurkan peri kegelapan. Ada satu adegan ketika Thor meminta pertolongan dari Loki agar membantunya. Loki saat itu masih dipenjara dengan menggunakan imajinasi, Loki menyapa Thor seperti biasa, Thor tahu ternyata yang menyapanya adalah bayangan Loki, sedangkan Loki yang asli sedang stress karena meninggalnya ibunda mereka ,Frigga. (makin rumit)
3.       Cermin Transfer
Hahaha.. kalau ini saya sendiri yang membuat namanya. Di film ini digambarkan bahwa ada semacam media yang bisa mengantarkan manusia kemana saja dalam waktu yang singkat. Berupa cermin (saking rumitnya)ketika Thor menghadapi Malekith, peri kegelapan berulang0ulang mereka terlempar ke duni a yang berbeda. Inilah yang membuat lucu, bahkan saat palu Thor terjatuh ke dunia yang berbeda dengan Thor. (Aku pastikan Thor kebingungan juga, palunya di bumi, Thor di Dunia lain)
4.       Jane Foster
Apa yang rumit dari ilmuwan sekaligus kekasih Thor ini? Pasti rumitlah, setelah 2 tahun berpisah dengan Thor, akhirnya mereka berjumpa dengan keadaan Jane telah dimasuki Aether yang justru akan menghancurkan Asgard. Saya pikir dengan kekuatan Aether yang dimiliki Jane, Ia akan memanfaatkanya dan menjadi super. Tetapi saya salah, bahkan saat Malekith membunuh Frigga, ibu Thor, Jane malah bersembunyi atau tepatnya disembunyikan oleh Frigga dengan kekuatan super. Mengapa Jane tidak menggunakan kekuatan Aether ya? Rumit si Jane…
5.       Pesawat Malekith
Nah yang satu ini tidak boleh ketinggalan, bentuknya sangat besar dan panjang. Inilah yang kemudian menyusup ke Asgard tanpa ketahuan penjaga Asgard . dengan cara menghilang, jadi pesawat ini telah berada di atas Asgard begitu lama tanpa diketahui penjaga gerbang Asgard yang konon bahkan bisa melihat semua bintang dan bisa melihat aktivitas Jane di bumi. Rumit kan?
6.       Sembilan Dunia
Ini yang terakhir. Saya sedikit kebingungan juga dengan 9 dunia yang dimaksud. Saya mencoba menghapalnya tetapi tidak bisa, yang lebih tidak masuk akal ada satu waktu yang membuat ke 9 dunia ini berada sejajar.  Nah disaat inilah Malekith ingin melakukan aksinya. Kalau dipikir-pikir saya mengaitkannya dengan ke 9 planet di jagad raya, tetapi apa mungkin ada waktunya ke 9 planet ini sejajar? orbitnya kan berbeda-beda.

Itulah kerumitan yang dijumpai di film ini, tetapi tidak tahu mengapa saya justru tidak bisa memalingkan mata saat menontonya.  Sinematografi yang sangat indah dan duel Thor dan Malekith yang sangat memukau. Film ini termasuk salah satu film yang sangat bagus dan bergengsi. Sukses membuat saya terkesan dan ingin mengulanginya lagi, terlebih menyaksikan kepintaran Jane dan kekocakan sahabatnya Darcy.

Ada sedikit kekesalan juga di akhir cerita. Saat Thor meminta kepada Odin, ayahnya. Thor meminta agar tidak diangkat menjadi raja, karena ingin menjadi rakyat biasa dan menikahi Jane Foster. Dengan berat hati, Odin menyetujuinya dan sedikit heran dengan sikap Thor. Tetapi apa selanjutnya? Saat Thor pergi meninggalkan ayahnya, ternyata yang dihadapinya adalah Loki, yang tertawa sinis sambil memakai Pusaka Odin. Lalu kemanakah Odin? Apa yang dilakukan Loki kepadanya? Loki is back…
Artinya nantikan sekuel ketiga…….

No comments: